Cara Menemukan Ide untuk Menulis

Menemukan Ide
Menemukan Ide (Gambar: Freepik.com)

Ide atau gagasan merupakan awal dari kegiatan menulis. Jika tidak ada ide, maka tidak ada tulisan. Banyak orang bilang tidak bisa menulis karena tidak ada ide. Atau, orang berhenti menulis karena kehabisan ide. Hal ini tdak perlu terjadi karena ide tersebar di mana-mana. Sangat banyak dan tidak ada habisnya.

Kita bisa menemukan ide di mana saja dan kapan saja. Ide bisa datang secara spontan atau tak disengaja, bisa juga kita rencanakan. Kamu tipe menemukan ide yang bagaimana? Kalau saya bisa dua-duanya. Bangun tidur atau mau tidur, ide kadang muncul. Sedang di rumah saja atau jalan-jalan ide bisa datang.

Lalu, bagaimana cara menemukan ide? Bagi yang ingin tahu, mari lirik 5 cara di bawah ini!

1. Banyak Membaca

MembacaBanyak membaca berarti banyak membuka wawasan. Dari membaca buku, jurnal, artikel daring, kita akan mendapatkan banyak ide baru atau ide yang serupa. Dengan sering membaca tulisan orang, otak kita terlatih untuk menangkap ide-ide yang menarik atau unik. Misalnya, saat ingin menulis novel remaja, bacalah novel-novel remaja karangan beberapa penulis. Saat membaca, tumbuhkan keyakinan bahwa nanti kita akan menemukan “sesuatu” sebagai ide tulisan kita. Bacaan memberikan kita banyak ilmu, informasi, juga inspirasi. Bisa jadi ide yang kita temukan memiliki kemiripan dengan apa yang kita baca, tetapi kita bisa membidik dari sisi yang lainnya. Kegiatan membaca adalah kegiatan memasukkan nutrisi untuk otak. Dengan demikian, kita akan bersemangat untuk banyak membaca.

2. Mengambil dari Pengalaman

Mengambil ide tulisan dari pengalaman kita sendiri atau pengalaman orang lain adalah ide yang paling mudah untuk digarap sebagai tulisan. Misalnya, mengalaman pertama kali  mudik, pengalaman mendidik anak, pengalaman membangun usaha rumahan, dan sebagainya. Pengalaman yang kita ambil, bisa jadi tidak  persis sama. Hanya saja karena rekam jejaknya jelas tersimpan dalam pikiran kita, maka ini menjadi lebih mudah. Pengalaman orang lain pun bisa kita jadikan ide, asalkan untuk tujuan yang baik, bukan untuk mengungkap aib.  Jadikan pengalaman orang lain sebagai sumber inspirasi bagi pembacanya nanti.

3. Berdiskusi

Berdiskusi adalah kegiatan bersama dalam membahas sebuah topik atau permasalahan. Dengan kita berdiskusi, terutama dengan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama, akan membuka wawasan. Kita bisa memetik beberapa hal yang tertangkap dari diskusi untuk dijadikan ide tulisan. Sering kali saat berdiskusi, akan terjadi saling bantu atau saling menyemangati dalam memberikan ide. Manfaatkan kegiatan ini untuk saling bertanya tentang hal-hal baru atau tentang ide unik yang bisa kita ambil. Jangan lupa, catat dan simpan masukan dari teman-teman diskusi.

4. Menghadiri Acara

Menghadiri acara yang berhubungan dengan kegiatan  kreatif sangat mungkin mengarahkan kita untuk menemukan ide untuk menulis. Misalnya, kita pergi ke acara pameran seni atau kegiatan kreatif lainnya, tentu banyak yang bisa kita amati. Hasil pengamatan kita ini menarik untuk dijadikan ide tulisan. Bahkan, sering kali kita menemukan ide-ide unik di tempat-tempat seperti ini. Semakin banyak acara yang acara yang kita ikuti, tentu akan semakin banyak ide yang bisa kita temukan. Jadi, saat kita akan pergi menghadiri sebuah acara, jangan hanya melenggang, tetapi bersiap-siaplah untuk menemukan ide di sana.

5.  Memanfaatkan Momen Spesial

Ketika merasa bingung atau pusing tidak menemukan ide, kita bisa memanfaatkan momen spesial sebagai ide tulisan. Coba kita ingat dan buka catatan, dalam setahun ada berapa momen penting atau momen bersejarah di negara kita. Misalnya, saat Ramadan kita bisa menulis tentang bagaimana menjalankan bulan Ramadan dengan suka cita. Contoh lain, di Hari Kartini, kita bisa mengambil ide tentang perempuan-perempuan yang sukses dalam berbisnis. Atau bisa juga ide didapat dari momen hari ulang tahun, pernikahan, dan lain-lain.

Dari 5 cara menemukan ide di atas, mana yang paling mungkin kamu ambil? Mana yang paling kamu sukai? Pilih salah satu yang mudah bagimu, atau semuanya sekaligus. Dengan begitu, kita tak lagi bingung menemukan ide untuk tulisan kita. Kita juga tak perlu lagi merasa takut kehabisan ide.

Baca juga: 4 Jurus agar Tulisan Kita Indah

Baca juga: Menulis Bebas, Praktik untuk Diri Sendiri

Baca juga: Penyebab Kebuntuan Menulis 

1+
3 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Berawal dari Pena
Read More

Berawal dari Pena

Menulislah, agar kamu merasa bahagia. Saya sangat suka kalimat ini, meskipun entah siapa yang mengatakannya. Kalimat ini selalu…