Kecantikan Sejati sebagai Pembersih Hati

Cantik Sejati, Bersih Hati
Gambar: Wulan

Istilah inner beauty sudah tak asing lagi didengar, khususnya oleh kaum perempuan. Ternyata, punya wajah cantik saja tidak cukup. Apa, sih, inner beauty itu sebenarnya? Yang saya tahu, inner beauty sejati adalah kecantikan sejati yang dimiliki seorang perempuan. Kecantikan sejati ini muncul dari dalam diri, bukan polesan dari luar. Jadi, bisa dikatakan bahwa kecantikan sejati ini adalah kecantikan batin, namun terpancar dari diri seorang perempuan. Kadang kala kecantikan sejati ini bisa tampak atau terlihat dari perilaku seorang perempuan. Saya rasa, semua perempuan pasti menginginkan kecantikan sejati dalam dirinya, bukan hanya memoles wajah atau fisik dari luar.

Tiap perempuan punya rumusan sendiri tentang apa saja yang termasuk dalam kecantikan sejati. Jika kita jabarkan, tentu saja semuanya menjadi tidak mudah untuk dimiliki. Namun, sebagai perempuan, janganlah berkecil hati. Selalu ada jalan untuk memilikinya. Kecantikan sejati bagi saya adalah hal-hal yang terkait dengan masalah hati. Karena kecantikan sejati adalah pembersih hati, saya pun ingin memiliki semuanya. Apa saja yang saya kategorikan sebagai kecantikan sejati? Saya memilih lima kecantikan sejati yang selalu jadi impian dan selalu ingin mewujudkannya.

Sabar dan Lapang Dada

Mengapa sabar dan lapang dada saya tempatkan di urutan pertama? Ya, karena dua hal ini bagi saya menempati tempat yang sangat spesial. Dua hal yang sulit dilakukan, tetapi harus bisa. Dua hal ini adalah kecantikan sejati yang tidak bisa dipisahkan. Saya belajar banyak dari sahabat-sahabat yang memiliki kesabaran dan lapang dada dalam menghadapi setiap masalah. Termasuk di dalamnya, sabar menerima takdir dan cobaan hidup. Agama telah mengajarkan kepada kita bahwa Allah sangat menyukai hambanya yang memiliki dua sifat ini. Ketika rasa marah atau emosi datang, dua hal inilah yang menjadi penyelamatnya. Jika berhasil, bersihlah hati kita.

Menyayangi Sesama

Hal yang kedua adalah menumbuhkan rasa sayang. Betapa indahnya hidup jika kita dikelilingi oleh orang-orang yang menyayangi, bukan membenci. Jika kita ingin diperlakukan seperti itu oleh orang lain, mengapa kita tidak lakukan juga untuk orang lain? Menyayangi orang tua, suami, anak-anak, bahkan teman-teman kita adalah perbuatan yang mulia. Sekali pun ada orang yang membenci kita, usahakan agar kita tidak memiliki sifat yang demikian. Saya rasa tidak ada yang sulit untuk menumbuhkan rasa sayang kepada banyak orang. Rasa sayang bisa diwujudkan dengan memberi perhatian. Rasa sayang tidak harus diucapkan, meskipun sangat dianjurkan. Jika tak mampu, sekadar senyum dan menyapa pun termasuk sikap sayang, bukan? Jika ingin kecantikan sejati terpancar, sayangilah sesama.

Ringan Tangan

Saya sangat suka melihat orang yang ringan tangan. Ringan tangan di sini adalah yang punya makna positif, yaitu suka menolong atau suka membantu. Jika keluarga atau teman-teman kita mendapat kesulitan yang tidak bisa diselesaikan sendiri, pastilah mereka membutuhkan tangan-tangan “malaikat” yang bisa membantu. Kita pun mungkin pernah merasakan atau diuji dalam situasi yang sangat sulit. Apa rasanya ketika ada seseorang yang dengan senang hati menolong tanpa pamrih? Bantuan tidak harus berupa materi. Perhatian yang kecil pun adalah bentuk kedermawanan kita.

Rendah Hati

Sikap sombong adalah sikap yang paling tidak disukai banyak orang. Apalagi jika itu terlihat di muka umum. Sebaliknya, sikap rendah hati sangat disukai banyak orang. Rendah hati adalah sikap yang tidak mengharap pujian. Setinggi apa pun jabatan seseorang, setinggi apa pun ilmu yang kita miliki, bukanlah untuk dibangga-banggakan. Sikap sombong hanya akan menyakiti hati orang lain. Sebaliknya sikap rendah hati menyenangkan hati orang lain. Sikap rendah hati yang kita miliki bukan berarti untuk merendahkan diri. Justru, orang lain akan merasa salut, jika kita bisa menempatkan diri (dengan sikap ini) di mana pun berada.

Selalu Punya Semangat

Terakhir adalah semangat. Perempuan yang memiliki semangat hidup tinggi adalah perempuan yang luar biasa. Biasanya mereka yang memiliki kecantikan sejati yang satu ini tidak sering terlihat murung, kesal, dan mudah patah semangat. Bukan berarti mereka yang punya semangat tinggi tak pernah dirundung malang. Justru karena semangat mereka, tiap ada masalah menghampiri, mereka sudah membentenginya dengan semangat itu. Mereka tidak larut dalam kesedihan dan cepat bangkit. Saya pun ingin selalu punya semangat, untuk hidup saya yang lebih baik. Semangat memperbaiki ibadah, memperbaiki akhlak, bekerja, juga mencintai keluarga dan sahabat.

Cantik sejati, bersih hati. Tidak ada salahnya bermimpi memiliki ini, bahkan harus bisa mewujudkannya. Bagaimana dengan kamu?

*Tulisan ini diikutsertakan pada 30 Days Writing Challenge Sahabat Hosting.

5+
1 Shares:
4 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Berawal dari Pena
Read More

Berawal dari Pena

Menulislah, agar kamu merasa bahagia. Saya sangat suka kalimat ini, meskipun entah siapa yang mengatakannya. Kalimat ini selalu…