Ketahui 5 Manfaat Outline ini sebelum Menulis

Manfaat Outline
Manfaat Outline (Gambar: Wulan)

Sahabat, pernah mendengar kata outline? Bagi para penulis mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata outline. Outline atau kerangka karangan biasanya disiapkan sebelum menulis secara utuh.  Apakah manfaat menulis outline sebelum menulis? Dengan mengetahui manfaat outline sebelum menulis, kita akan lebih termotivasi.

Outline atau kerangka tulisan adalah rencana penulisan yang disusun secara jelas, teratur, dan terstruktur dari awal  sampai akhir. Biasanya berisi poin-poin atau keterangan bab-bab yang akan kita tulis nantinya. Dengan membuat outline, maka kita sudah mendapat gambaran isi tulisan. Dari outline yang kita buat, tentu saja memudahkan kita untuk menyusun tulisan dari awal hingga selesai. Namun kenyataannya, ada penulis yang membuat outline sebelum mulai menulis, ada juga yang tidak. Hal ini bergantung pada kebutuhan tulisan itu sendiri. Untuk membuat tulisan yang panjang, outline ini sangat diperlukan, agar kita tidak “tersesat”. Untuk tulisan pendek, bagi mereka yang sudah terbiasa menulis, mungkin saja outline tidak terlalu dibutuhkan.

Berikut adalah manfaat outline bagi kita, sebelum membuat tulisan.

Memastikan Cerita Lengkap

Saat membuat tulisan panjang, seringkali kita terlewati bagian cerita  yang seharusnya ada di dalamnya. Nah, dengan adanya outline,  masalah tersebut dapat dihindari. Menuangkan poin-poin yang akan ditulis dalam sebuah outilne akan memudahkan kita mengetahui bagian mana yang harus ada atau ditambahkan untuk melengkapi isi tulisan, hingga lengkap. Dengan kata lain, kita tidak perlu khawatir akan kehilangan bagian cerita.

Dengan adanya outline, tulisan lebih terarah atau fokus. Kita tidak perlu memikirkan lagi apa yang akan kita tulis pada bab berikutnya. Cukup dengan membaca outline yang sudah kita susun, menulis jadi lancar dan fokus. Isi tulisan atau cerita kita jadi tidak melebar ke mana-mana, apalagi ke luar dari tema. Aadanya outline juga membantu kita agar tidak terjadi tulisan yang over lapping atau tumpang tindih. Hal ini juga untuk menghindari cerita yang berulang-ulang.

 Terhindari dari Writer’s Block

Writer’s Block atau keadaan yang membuat penulis kehabisan ide, kali terjadi.  Kadang ide akan datang dan pergi sesuka hati. Namun, tidak perlu khawatir jika kita sebelum menulis sudah merancang outline. Ide tulisan sudah kita ikat dari awal sampai akhir, sehingga kita tidak perlu lagi mereka-reka kelanjutan cerita atau bab yang akan kita tulis.

Ending dan Tujuan Akhir Bisa Dirancang

Tulisan pastilah mempunyai tujuan akhir atau ending. Nah, dengan outline, tujuan akhir sebuah tulisan  sudah bisa dirancang sejak awal, tanpa pusing memikirkannya ketika sedang menulis. Saat menuliskan outline sebuah cerita fiksi, misalnya, kita sudah paham betul tokoh utama akan menjadi seperti apa, atau alur yang kita buat akan seperti apa. Kalau pun ada perubahan ending, biasanya  perubahan itu tidak melenceng terlalu jauh dari outline. Hanya perlu penyesuaian saja. Ini jelas bisa menghemat waktu kita, tanpa harus memikirkannya terlalu lama di tengah jalan.

Menjadi Acuan Editor

Untuk tulisan yang akan diterbitkan atau dicetak, pastilah naskah kita akan melewati proses penyuntingan (edtiting. Seorang editor tidak mungkin akan membaca langsung tulisan kita yang beratus-ratus halaman untuk menyatakan tulisan tersebut layak terbit atau tidak menurut kaca mata editor. Seorang editor cukup membaca outline (selain sinopsis)  untuk memahami keseluruhan isi tulisan atau naskah yang akan terbit. Sebuah outline bisa jadi penentu naskah kita diterima atau tidak. Siapa tahu dengan hanya membaca outline kita, editor langsung jatuh cinta.

Bagaimana? Tertarikkah membuat outline sebelum menulis? Bagi yang belum pernah menuliskan sebuah outline, perlu dicoba, nih. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 5 Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik

Baca juga: 5 Tips Ampuh Mengusir Writer’s Block

 

 

5+
3 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like