5 Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik

Membuat Judul Artikel
Membuat Judul Artikel (Gambar: Wulan)

Sahabat, setelah Bulan membahas Bagaimana Cara Menemukan Ide,  kali ini bahasan kita seputar judul pada artikel.

Judul sebuah tulisan layaknya packaging sebuah makanan. Bila packaging-nya menarik, tentu orang akan tertarik dengan isinya. Tentu berbeda dengan tampilan luar yang biasa saja dan tidak menarik. Bagaimana mau mencicipi, makanannya, jika packaging-nya saja tidak menarik. Judul pada artikel pun demikian. Judul  menentukan pembaca akan membaca secara tuntas isi bacaan atau tidak. Apalah artinya sebuah konten yang bagus tanpa judul yang menarik? Sayang, ya?

Cara membuat judul sebenarnya hal yang gampang-gampang susah, tetapi penulis harus berusaha mampu menarik pembaca agar tuntas membaca tulisannya. Biasanya, penentuan judul dilakukan penulis di akhir proses penulisan. Sering kali penulis membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pemilihan judul. Judul tentu saja terkait dengan tema dan isi tulisan. Namun, judul bukan hanya sesuai dengan isi, tetapi juga unik agar pembaca tertarik. Apa saja trik atau cara dalam menentukan judul yang bagus dan menarik minat baca? Agar penulis tidak melulu dirundung bingung, mari simak cara-cara berikut ini.

1. Gunakan Judul yang Spesifik

Orang rela membaca tulisan sampai selesai hanya karena membaca judul yang menarik.  Jangan membuat judul layaknya sebuah tema yang terlalu luas, hingga tak terbayang isi tulisannya apa.  Perhatikan contoh judul berikut ini:

  1. Tips Memasak Mi
  2. Tips Memasak Mi Instan yang Menggugah Selera
  3. Panduan Membuat Blog
  4. Panduan Membuat Blog Personal bagi Pemula

Dengan melihat judul di atas, orang pasti akan lebih tertarik dengan judul B dan D, kan, karena judulnya lebih spesifik.

2. Gunakan Angka

Teknik penggunaan angka dalam sebuah judul sudah menjadi rahasia umum akan membuat sebuah artikel lebih menarik. Angka di dalam judul bukan sembarang angka. Artikel dalam bentuk  list/daftar lebih populer daripada artikel narasi. Khususnya pada artikel daring. Misalnya:

  1. 7 Resep Soto Seger yang Bikin Ngiler
  2. 5 Tips Presentasi Paling Memukau Penonton. No. 5 Wajib Dibaca!

3. Judul Menggunakan Kata Kunci

Di dalam sebuah artikel biasanya terdapat kata kunci. Nah, kata kunci tersebut masukkan ke dalam judul untuk membidik pembaca. Pembaca paham akan isinya dan merasa harus tuntas membacanya. Misal, kata kuncinya adalah belajar SEO, maka kata kunci tersebut kita sertakan pada judul. Contoh:

  1. Teknik Beajar SEO bagi Pemula
  2. Mengecat Rumah Sendiri, Mengapa Tidak?

4. Judul Jangan Terlalu Panjang

Meskipun ada yang mengatakan panjang judul maksimal 14 atau 16 kata, penulis tetap harus memikirkannya matang-matang. Mengapa judul tidak boleh terlalu panjang? Bukankah akan semakin memberikan gambaran isi sebuah artikel? Judul yang terlalu panjang membuat pembaca membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencerna atau memahami judul. Apalagi, kalau judulnya tidak menarik.

5. Judul yang Membuat Pembaca Terlibat

Bagaimana caranya agar judul bisa melibatkan pembaca? Ajukan sebuah pertanyaan. Yaitu, judul yang mengandung pertanyaan dan pembaca merasa perlu menjawab: ya, saya perlu ini!  Sebagai contoh:

  1. Blog Anda Masih Sepi Pengunjung? Yuk, Atasi dengan 3 Trik Ini!
  2. Komputer Anda Terkenas Virus? Ini Solusinya!

Demikian 5 tips mudah dalam menentukan sebuah judul artikel yang menarik. Jika kamu senang menulis artikel daring, mengapa ragu untuk memakai cara ini? Ingat, menarik judulnya, menarik juga bacaannya! Sahabat, selamat mencoba! Di lain waktu, Bulan akan membahas bagaimana cara membuat judul pada buku fiksi dan nonfiksi, ya!

Baca juga: Jadi Judul Jangan Minder

 

 

 

5+
1 Shares:
2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like