5 Tips Ampuh Mengusir Writer’s Block

Writer's Block
Writer’s Block (Gambar: Freepik.com)

 Writer’s block atau kebuntuan saat menulis kerap dialami oleh penulis, baik penulis pemula, maupun profesional.  Ibarat jari terasa kaku untuk menulis atau menekan tuts pada laptop. Pikiran terasa buntu, outline yang disusun begitu apiknya pun tidak banyak membantu.

Lantas bagaimana caranya mengusir writer’s block secara tiba-tiba, sementara tugas menulis menumpuk? Mari kita simak sejenak. Mungkin, dengan meninggalkannya sejenak dan melakukan tips di bawah ini, writer’s block bisa terusir.

1. Membaca Buku

Membaca buku menjadi salah satu pilihan saat mengalami writer’s block. Tetapi ingat, jangan membaca buku yang berat karena hanya menambah kebuntuan. Pilihlah buku dengan bacaan ringan atau cerita lucu. Bisa juga membaca buku yang sekiranya bisa untuk menambah referensi dalam menggali ide.

2. Menonton Film

Menonton film juga bisa menjadi pilihan selanjutnya. Sama halnya dengan membaca, menonton film pun sebaiknya yang bersifat menghibur, ceria, dan lucu. Siapa tahu, film mendatangkan ide baru untuk tulisan kita. Jangan memilih film yang menegangkan atau drama bersambung  yang membuat penasaran setiap episodenya sampai lupa waktu. Yang pasti, menonton film kini bisa dengan mudah diakes. Mau menonton lewat laptop bisa, lewat ponsel pun tak masalah.

3. Mengobrol dengan Teman

Mengobrol asyik dengan teman juga mampu mengatasi writer’s block. Bisa juga mengobrol seputar naskah yang akan ditulis atau ide tulisan lain. Mengobrol tidak harus bertemu apalagi masih masa pandemi seperti ini. Mengobrol bia dilakukan melalui ponsel dan video call. Jika sudah bertemu dengan sehabat karib, atau keluarga  dekat yang memiliki kesamaan hobi menulis tentu bisa membuat perasaan kita bahagia dan bersemangat. Bisa jadi, obrolan dapat mencerahkan pikiran yang buntu.

4. Jalan-jalan Sejenak atau Berekreasi

Bisa jadi pikiran yang terlalu lelah menyebabkan writer’s block melanda. Cobalah jalan-jalan sejenak untuk menghirup udara segar. Jalan-jalan ke daerah pegunungan atau pantai yang kemungkinan akan memunculkan ide baru. Rekreasi bersama keluarga atau sendirian juga mampu menghilangkan writer’s block. Dengan mengunjungi tempat baru dan melihat kegiatan orang di luar rumah bisa menyegarkan pikiran. Namun ingat, di masa pandemi ini pilihlah tempat-tempat yang aman, terutama dalam hal menjauhi kerumunan.

5. Me Time

Hal yang tidak boleh dilewatkan yaitu me time. Kita juga harus mempunyai waktu untuk diri sendiri. Manjakan diri sendiri agar kondisi rileks dan terhindar dari writer’s block. Me time setiap orang berbeda-beda. Ada yang cukup dengan meminum segelas kopi atau teh hangat. Ada juga yang mendengarkan musik atau bahkan menyendiri dan shopping seorang diri. Me time, hanya kitalah yang tahu apa yang paling sesuai untuk diri kita.

Itulah kelima tips sederhana yang dapat kita lakukan saat writer’s block melanda. Jangan lupa istirahat yang cukup dan makan makanan dengan gizi berimbang. Selamat mencoba semoga berhasil. Salam literasi.

Baca juga: Tingkatkan Mood Menulismu dengan Tips Berikut ini

Baca juga: Bagaimana Cara Menemukan Ide?

 

 

4+
2 Shares:
12 comments
      1. Iya nih kak,kadang mau nulis tapi ide nya gak ada. Mau dipaksa paksain malah jadi mumet, oalah, ini yang jadi malas nulis ya.
        Tapi kayaknya aku cocok di nomer 4 deh kak, dikasih waktu sendiri buat rekreasi plus belanja kayaknya syurga banget.

  1. Setujuuu sama ide-ide mengatasi writer’s block ini. Aku pribadi ya, kalau mentok pengen nulis apa, salah satunya jalan kaki ke ujung jalan. Duduk-duduk atau jalan-jalan di sana, kalau sepi, aku jalan jauhan dikit ke pintu gerbang komplek. Di sana, jauh lebih rame. Aku berdiri aja sambil ngamatin tingkah orang-orang. Iyes, yang aku cari tuh orangnya. Nanti dari sana ketemu deh ide-idenya.

    Tapi ya gitu, ide segunung kalau nggak buruan ditulis ya bakalan lupa terus lama-lama nggak bergairah buat dituliskan lagi, hahaha … Jadi kudu buruan dieksekusi, deh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like