Sumber Penghasilan Lewat Internet di Tengah Pandemi

Sumber Penghasilan Lewat Internet
Sumber Penghasilan Lewat Internet (Gambar: Wulan)

Pandemi yang melanda negeri sejak Maret 2020 menjadi momok bagi kita semua. Pandemi terasa meresahkan dan menakutkan. Bukan hanya menjadi persoalan kesehatan, tetapi juga berdampak pada masalah ekonomi. Demi mencegah tersebarnya virus Corona, pemerintah melakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Banyak perusahaan, mal, tempat wisata, rumah makan, dan bidang usaha lain tutup. Banyak orang di-PHK atau kehilangan pekerjaan. Otomatis, hal ini mengurangi pendapatan keluarga.

Namun, keadaan ini tidak bisa terus menerus dibiarkan. Demi mendongkrak ekonomi rumah tangga, sudah saatnya kita mulai melirik internet sebagai sumber penghasilan yang bisa kita lakukan, khususnya di tengah pandemi ini. Di era digital, tentu saja internet bisa menjadi sumber penghasilan, bahkan dalam jumlah yang besar. Dengan ini, meski di rumah, kita tetap bisa produktif dan meraup keuntungan. Bagi yang tidak terbiasa berurusan dengan otak-atik internet, kini bukan saatnya lagi. Meleklah internet, agar bisa kembali bangkit.

Di bawah ini adalah sumber-sumber penghasilan lewat internet yang bisa kita lakukan di tengah pandemi. Dengan waktu Anda yang terbatas pun kegiatan dibawah ini tetap bisa dilakukan.

1. Membuat Blog

Membuat Blog
Membuat Blog

Siapa pun bisa mempunyai blog atau itus web. Dengan  blog, siapa pun bisa menulis  sesuai keinginan kita. Blog bukan hanya sebagai wadah penyaluran hobi menulis, tetapi juga bisa menjadi media untuk mencari penghasilan. Lalu bagaimana langkah awalnya? Tentu saja kita harus lebih dahulu membuat blog sendiri atau dengan cara berlangganan hosting. Jika tujuannya untuk mendapatkan penghasilan lewat blog, blog gratis memiliki kelemahan dibanding  berlangganan hosting. Dengan berlangganan hosting, seperti yang saya lakukan di Sahabat Hosting, banyak keuntungan yang saya dapatkan, di antaranya Hosting Murah, nyaman, dan aman.

Selanjutnya, buatlah konten yang menarik dari blog yang kita buat. Seperti apa konten yang menarik itu? Tentu saja konten yang sedang tren, banyak dibutuhkan oleh pembaca, dan bermanfaat. Jika trafik blog meningkat bersamaan dengan  jumlah pengunjung yang banyak, kita bisa meningkatkan penghasilan dengan cara pemasangan iklan. Saat pengunjung mengunjungi blog kita dan menekan iklan yang terpasang, maka kita akan mendapatkan penghasilan dari iklan tersebut.

2. Berjualan Daring

Berjualan Daring
Berjualan Daring

Jika sebelumnya kita memiliki toko, tidak ada salahnya di tengah pandemi ini kini alihkan menjadi toko daring. Bisa juga,  jika kita sama sekali belum pernah memiliki usaha apa pun, kini saatnya kita mencoba berjualan daring. Mengerahkan kemampuan dan keahlian  kita dalam berbisnis, tentu bisa menjadi sumber penghasilan kita. Kini mulai banyak orang berjualan makanan, tanaman hias, perabot rumah tangga, lewat daring. Selain hemat sewa tempat, kegiatan ini pun praktis dilakukan di rumah. Barang yang dipesan bisa diantar dengan menggunakan jasa antar atau kurir.

Maraknya orang-orang yang berjualan daring tentunya menimbulkan persaingan. Tidak perlu risau takut kehilangan pembeli. Kita bisa meningkatkan kualitas produk yang dijual dan pelayanan. Maka, persaingan akan menjadi persaingan yang sehat. Manfaat lainnya, berjualan daring ini bisa memperluas jangkauan pembeli. Tidak hanya di sekitar rumah, tetapi juga bisa menjangkau sampai ke luar pulau. Jangan lupa, untuk meningkatkan penghasilan, sebarkan penawaran yang menarik, harga diskon, bonus, dan lain-lain dengan memanfaatkan blog atau situs web kita.

3. Menjadi Reseller 

Menjadi Reseller
Menjadi Reseller

Kita ingin berjualan, tetapi tidak memiliki produk sendiri? Jadilah reseller. Reseller adalah orang yang menjual produk orang lain dengan mendapat imbalan sekian persen dari penjualan. Reseller mengambil barang dari produsen atau pemasok. Para reseller biasanya membeli barang dari produsen atau pemasok untuk dijadikan stok dan membuat kesepakatan kerja sama mengenai harga dan jumlah barang yang diambil. Pendapatan yang diperoleh para reseller memang tidak sebesar produsen karena sudah tangan kedua. Namun, jika ini dilakukan dengan serius dan kontinu, tidak mustahil seorang reseller akan mendapatkan penghasilan yang besar juga. Reseller bisa aktif berkreasi menawarkan dagangannya melalui Facebook, Whatsapp, Instagram, dan media sosial lainnya. Kelebihan menjadi reseller adalah tidak perlu bersusah payah menciptakan produk. Namun, hati-hati, produk yang dipilih oleh reseller tetap harus memerhatikan standar kualitas produk yang baik.

4. Membuka Kursus Daring

Membuka Kursus Daring
Membuka Kursus Daring

Berjualan bukan hanya berupa barang, melainkan juga jasa. Jika kita memiliki keahlian tertentu, kita bisa memanfaatkan internet sebagai sember penghasilan. Salah satunya adalah kursus daring. Saya, yang seorang guru, telah melakukan hal ini. Bermacam-macam kursus bisa kita selenggarakan. Mulai dari kursus menulis, kursus menggambar,  bimbingan belajar, bahkan kursus menjahit, dan memasak. Tidak ada yang tidak mungkin dilakukan dengan internet, bukan?

Cara mengajar tentu mengandalkan perangkat digital. Pertama, dengan situs web, kita bisa melakukan branding mengenai identitas kita sebagai pemberi jasa, agar lebih tepercaya. Penawaran bermacam kursus bisa kita bagikan dengan menggunakan media sosial seperti Whatsapp, Facebook, dan Intagram. Berikan nama kursus yang menarik, bererta informasi tentang pelaksanaan kursus, juga capaian yang menjadi target. Pemberian materi bisa dilakukan dengan Whatsapp atau Zoom Meeting. Yang penting diperhatikan adalah ketepatan menentukan materi sesuai keahlian kita, target peserta,  jadwal yang bisa diikuti banyak orang, dan cara pembayaran yang mudah. Dengan membuka kursus daring, jangkauan peserta pun menjadi lebih banyak dan luas.

5. Bergabung dengan Afiliasi 

Bergabung Afiliasi
Bergabung Afiliasi

Apa yang dimaksud dengan afiliasi? Kegiatan yang satu ini juga masih berkaitan dengan internet. Afiliasi adalah bentuk kerja sama dalam promosi atau penjualan produk. Yang menarik adalah bahwa afiliasi ini salah satu cara mendapatkan penghasilan tanpa modal. Jika kita melakukan afiliasi kepada situs web tertentu, misalnya afiliasi dengan Sahabat Hosting.  Kita akan mendapat komisi untuk tiap produk yang terjual. Bagaimana caranya? Untuk mendapatkan penghasilan dari afiliasi ini, kita lebih dahulu mendaftar pada sebuah program afiliasi. Kemudian, kita akan mendapatkan link atau banner promosi yang akan terpasang pada blog atau situs web yang kita miliki.  Kita bisa membagikannya lewat media sosial. Jika seseorang tertarik pada produk yang ditawarkan, mereka akan menggunakan link yang kita bagikan untuk melakukan pembelian dan kita akan mendapatkan komisi dari situ. Mudah, bukan?

Pandemi tak harus membuat kita murung. Ada banyak cara untuk bangkit dan tetap produktif. Lima poin di atas adalah sumber-sumber penghasilan lewat dinternet yang bisa kita lakukan di tengah pandemi. Dengan tetap disiplin dan kontinu melakukannya, tentu kita bisa bersama-sama memecahkan masalah ekonomi.

Foto: Dokumen pribadi

 

1+
2 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Untuk apa menulis?
Read More

Untuk Apa Menulis?

Menulis menjadi kegemaran bagi sebagian orang. Untuk apa menulis? Menulis merupakan salah satu cara mengungkapkan pikiran yang tidak…