Tingkatkan Mood Menulismu dengan Tips Berikut ini!

Mood Menulis
Mood Menulis (Gambar: Freepik.com)

Seberapa besar mood memengaruhi semangat menulismu? Saat suasana hatimu sedang bagus dan bahagia, biasanya akan  menghasilkan tulisan-tulisan yang bagus dan bernilai. Namun, saat mood menulis jelek, karena merasa bosan atau sedang dirundung masalah, seolah-olah menulis menjadi beban dan berat untuk menyelesaikannya. Lalu kegiatan menulis ditinggalkan begitu saja.

Jangan berlama-lama dengan ini. Mari simak  tips berikut ini, agar mood menulismu meningkat!

1. Membaca Buku

Membaca buku mampu meningkatkan mood menulis. Penulis tanpa membaca, apalah artinya. Dengan membaca, kita akan banyak menemukan ide-ide dan info-info baru, sehingga semangat menulis muncul kembali. Tidak semua jenis buku harus kita lahap demi menaikkan mood. Bisa-bisa, kita malah kelelahan. Kita bisa menyiasatinya dengan membaca buku sesuai genre yang kita sukai. Dengan membaca, pikiran buntu menjadi terbuka lagi.

2. Me Time 

Jangan anggap remeh me time. Sediakan waktu untuk diri sendiri. Memanjakan diri sendiri, jangan pelit terhadap diri sendiri. Me time tidak harus ke luar rumah atau membutuhkan biaya banyak. Pilihlah kegiatan memanjakan diri yang sesuai dengan selera kita. Me time bisa dengan menikmati minuman yang menyegarkan, mendengarkan musik, jalan-jalan sejenak dengan teman, bercocok tanam, atau bahkan tidur. Nah, me time kamu yang mana? Me time pastinya bisa membuat perasaan senang dan akhirnya mood menulis jadi oke.

3. Berhenti Sejenak Bermedsos 

Berselancar di media sosial sekadar mencari hiburan sesaat boleh-boleh saja, tetapi bila akhirnya menjadi susah berhenti dan membuat mood menulis jelek, hentikan. Tulisan menjadi terbengkalai karena keasyikan kita bermedsos ria. Tidak terasa, sepanjang hari kita habiskan dengan keasyikan itu, hingga mematikan produktivitas. Dari sekarang, mulailah selektif dan jadikan media sosial sebagai sarana meningkatkan produktivitas.

4. Membaca Quote yang Inspiratif 

Membaca quote-quote seputar menulis yang menginspirasi sangat dianjurkan untuk meningkatkan mood menulis. Quote banyak bisa kita jumpai di internet, bahkan sekarang banyak yang dicetak menjadi buku.  Bisa jadi, dengan membaca quote tersebut dapat mencerahkan pikiran dan menumbuhkan semangat baru. Bisa jadi, quote yang kita baca memberikan sentilan atau nasihat untuk kita. Akhirnya mood menulis dapat diperbaiki.

5. Membaca Komentar Pembaca 

Tulisan kita mungkin telah tersebar di media cetak atau akun media sosial dan dibanjiri komentar. Bacalah dan selami komentar atau kritik yang membangun untuk membantu meningkatkan mood menulis. Jangan berputus asa terhadap kritikan yang kadang terasa menghunjam hati. Pastinya, tidak semua komentar dan kritikan itu menjatuhkan. Jadikan komentar dan kritik sebagai pecut untuk tetap semangat menulis.

6. Yakin bahwa Tulisan Kita Dinantikan 

Percayalah bahwa setiap penulis mempunyai pembaca  masing-masing. Apa yang kita tulis, mungkin saja disukai sebagian orang. Artinya, pembaca tulisan kita adalah orang yang membutuhkan ide yang kita tuang ke dalam tulisan itu.  Bebahagialah bahwa tulisan kita bermanfaat bagi orang lain. Jika kita lama tidak menulis, akan ada pembaca yang menunggu karya kita untuk dibaca. Percaya, deh.

8. Pola Tidur  Teratur 

Jika punya kebiasaan bergadang dan kurang tidur, sering kali mood menulis kita jadiberantakan. Kurang tidur menyebabkan kita sulit berkonsentrasi. Bangun tidur, otak dan badan kita akan terasa lelah. Lain halnya dengan pola tidur yang normal atau waktu tidur yang cukup, kesehatan lebih terjaga dan mood menulis pun senantiasa menghampiri.

Bagaimana dengan tujuh tips jitu di atas? Silakan pilih mana yang paling sesuai dan cobalah dari sekarang. Semoga kamu berhasil meningkatkan mood menulismu!

Baca juga: 4 Manfaat Menulis bagi Kita

Baca juga: Mengapa Perlu Menulis?

Foto: Freepik.com

6+
2 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Berawal dari Pena
Read More

Berawal dari Pena

Menulislah, agar kamu merasa bahagia. Saya sangat suka kalimat ini, meskipun entah siapa yang mengatakannya. Kalimat ini selalu…