Cara Cerdas Memilih Web Hosting Terbaik untuk Pemula

web hosting untuk pemula
web hosting untuk pemula (Gambar: Freepik.com)

Sahabat, pernah mendengar kata hosting? Di era digital,  web hosting sudah menjadi incaran dan kebutuhan banyak orang, terutama yang sangat aktif menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Baik  individu, maupun bagi para pelaku bisnis dekat dengan hosting. Penggunaan web hosting ini sudah dirasakan manfaatnya oleh berbagai kalangan. Hosting adalah layanan daring untuk menyimpan  data, memantau,   dan menjalankan situs web. Hosting-lah yang memastikan  situs web dapat diakses melalui internet. Data bisa tersimpan dengan baik dan mudah di akses.

Jika pekerjaan kita seputar menulis dan berbisnis, memiliki situs web adalah pilihan yang tepat. Pekerjaan kita, khususnya di dunia maya akan sangat terbantu. Namun,  sebagai pemula, atau orang yang baru masuk ke dunia web, tentu akan merasa bingung mau memilih hosting mana yang cocok bagi pemula.  Bukan hanya cocok, tentu kita ingin hosting yang kita pilih itu bagus dan dan berkualitas, bukan? Tentu kita tidak ingin pilihan kita meleset dan akhirnya merasa kecewa karena tidak sesuai harapan.

Baca juga: 5 Manfaat Media Sosial bagi Kita

Lalu, bagaimana memilih hosting yang cocok untuk situs web? Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum kita memilih hosting yang terbaik. Cobalah kita simak dahulu!

Harga yang Murah

Layanan hosting tersedia dengan harga bervariatif. Sangat perlu mencermati lebih dahulu soal harga, agar bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Pastikan informasi pembelian hosting perdana dan perpanjangan dengan teliti. Sebelum memutuskan plihan sebuah hosting, bandingkanlah beberapa hosting dan pahami tentang spesifikasi,  jenis paket, beserta harganya. Sudah tentu web hosting yang murah, tetapi punya kualitas yang baik akan menjadi pilihan kita. Banyak hosting yang juga menawarkan harga diskon yang menggiurkan. Jangan sia-siakan kesempatan ini!

Fitur yang Lengkap dan Akses yang Mudah

Sebagai pemula, tentu kita menginginkan hosting yang memiliki fitur yang lengkap dan mudah diakses. Fitur yang lengkap tentu menjadi daya tarik dan memberikan kepuasan kepada pengguna. Akses yang mudah juga akan membuat pengguna nyaman. Tentunya, dengan fitur yang lengkap dan kemudahan mengakses pada situs web, kerja bagi pemula menjadi lancar, tanpa kesulitan yang berarti.

Layanan 24 Jam

Pemakaian internet dari berbagai kalangan tak mengenal waktu. Bukan hanya pagi sore, internet digunakan nonstop 24 jam. Tiap orang menggunakan internet di setiap waktu yang ada. Oleh karenanya, pastikan hosting yang kita pilih mempunyai layanan atau support selama 24 jam. Kepuasan pengguna situs web harus diutamakan. Jangan sampai hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi. Misalnya, saat sedang digunakan, situs web mengalami gangguan. Contoh lain, pada tengah malam saat kita membutuhkan, ternyata hosting tidak berfungsi. Web hosting yang bagus ditandai dengan layanan daring  24 jam ini.

Kualitas Server

Kualitas server sebuah hosting menjadi hal yang sangat penting. Bagaimana tidak? Nasib situs web kita sangat bergantung pada server. Jangan sampai karena server yang kurang berkualitas, situs web kita sulit diakses dan sering terjadi kerusakan teknis. Untuk mengetahui di awal, bisa dilihat dari spesifikasi server pada data hosting tersebut, antara lain kecepatan prosesor (berapa core) kapasitas RAM, harddisk, sampai network speed yang digunakan. Informasi ini juga dapat diperoleh dari layanan hosting atau costumer service hosting tersebut. Web hosting yang berkualitas tentu membuat para pengguna nyaman.

Ada Garansi

Web hosting yang berkualitas pastinya mempunyai garansi. Garansi bisa berupa uang kembali. Jika tidak puas terhadap layanan hosting tersebut, kita bisa melakukan klaim dan meminta uang kembali. Menarik, bukan? Dengan adanya garansi ini, pengguna akan merasa tenang. Garansi uang kembali  ditawarkan dengan bermacam cara dan dengan jumlah pengembalian uang yang bervariasi. Jadi kita tak perlu sangsi karena ada garansi.

Jaminan Keamanan

Jangan lupa coba lihat fitur tambahan yang disediakan oleh hosting.  Fitur tambahan  berupa keamanan atau proteksi. Ini akan membantu kita mengatasi spam pada situs web dengan mudah. Ada juga tool yang bisa kita gunakan untuk mengamankan web  dari serangan hacker. Tanpa adanya pengamanan, situs web kita  jadi rentan terhadap serangan yang sangat mengganggu kerja kita. Harapan kita, tentu hal itu jangan sampai terjadi, bukan?

Bagaimana, sahabat? Sudah ada gambaran tentang memilih web hosting bagi pemula? Jika sahabat masih merasa gamang, ada layanan hosting yang memenuhi kriteria-kriteria di atas. Sahabat Hosting adalah pilihan tepat bagi pemula. Dengan Sahabat Hosting, sahabat akan mendapat manfaat!

Foto: Freepik.com

4+
1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Kebuntuan Menulis
Read More

Penyebab Kebuntuan Menulis

Setiap penulis mungkin pernah merasakan kebuntuan menulis. Baik penulis pemula, maupun penulis mahir. Kebuntuan menulis atau yang lebih…